Rabu, 08 Juni 2016

Isun Dhemen Basa Using


Isun Dhemen Basa Using

Pertanyaan yang sudah sering dilontarkan oleh banyak orang, kapan kamus Using-Indonesia diterbitkan lagi? Sebuah pertanyaan yang sampai saat ini jawabannya adalah: hanya Tuhan yang tahu.
   Lantas buku apa yang menjadi rujukan dan membantu anak-anak dan orangtua yang sedang belajar bahasa Using?
   Buku Isun Dhemen Basa Using menjawab sebagian pertanyaan tersebut. Diterbitkan pertama kali bulan Desember 2013, karena tingginya permintaan dikeluarkan cetakan keduanya pada bulan Mei 2015.
   Buku ini dimaksudkan untuk memperkaya kosakata pembelajar, dengan susunan berbagai macam kata, utamanya kata benda, yang sudah dikelompokkan menurut jenis bendanya.      Misalnya, ada kategori benda-benda dalam rumah, bagian-bagian rumah, binatang, pekerjaan, penyakit, kata-kata yang berhubungan dengan agama, ritual, juga kata-kata yang berhububgan dengan petani, peralatannya, tumbuh-tumbuhan serta rajakaya dan lain sebagainya. Seperti kamus kata-kata ini sudah disusun secara alfabetis.
   Untuk pembelajar bahasa, ada pula susunan kata-kata yang dikategorikan sebagai kata besiki, yaitu versi "halus" dari basa Using. Besiki, diyakini sebagai adaptasi orang Using terhadap pengaruh bahasa Jawa yang mempunyai unggah-ungguh bahasa berdasarkan kasta sosial. Sementara, bahasa Using, yang mirip awal akarnya yaitu bahasa Kawi, tidak mengenal perbedaan pilihan kata berdasarkan kasta sosial, menyerap kebiasaan unggah-ungguh tersebut tetapi menerapkannya dengan cara yang berbeda. Besiki tidak digunakan dari anak ke bapaknya, atau ponakan pada pamannya, besiki lebih banyak digunakan saat bercakap dengan orang yang tidak begitu dikenal, orang asing, lebih sebagai bentuk penghormatan. Ada sekitar 500 kata Using yang mempunyai versi Besiki dalam buku ini.
   Di luar kata-kata benda tersebut, buku ini memuat juga puluhan Wewarah, nasihat khas orang Using Banyuwangi yg bisa digunakan sebagai pengingat untuk anak-anak maupun orang dewasa. Wewarah ini ditulis oleh seniman pengarang lagu yang sudah menelorkan lebih dari 300 judul lagu: Pak Andang CY.

   Pada edisi cetakan kedua, ditambahkan deskripsi tentang Panggonan Ngelencer, tempat wisata yang ada di Banyuwangi. Gunanya lebih untuk guru Bahasa Using, memperkaya pengetahuan anak didiknya tentang kekayaan alam yang daerah mereka punyai.

   Setahun setelah terbit cetakan kedua, terbitlah Isun Dhemen Basa Using #2. Isinya? Kita tunggu pada ulasan berikutnya.

   Buku-buku berbahasa Using, bisa didapatkan di toko buku Timur Bersaudara, Jl. Jenderal Sudirman, dekat Perliman, atau Ruang Pamer Disperindagtam, Jl. A. Yani, sebelah selatan TMP. Atau untuk yang luar kota, bisa order ke: basausing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar