Rabu, 08 Februari 2017

Lomba Ngeja Basa Using "Semaure Kudu Bener"




Paguyuban Sengker Kuwung Belambangan (SKB) bekerja sama dengan Radio Belambangan 88.1 FM menyelenggarakan Lomba Ngeja Basa Using “Semaure Kudu Bener”.

 

Lomba yang hanya boleh diikuti oleh siswa kelas 4 dan 5 sekolah dasar ini akan memulai debutnya tanggal 19 Februari 2017. Lomba diadakan di studio Blambangan setiap hari Minggu jam 10.00.

 

Lomba Ngeja, yang pertama kalinya diadakan di Banyuwangi, mempunyai tagline “Semaure Kudu Bener.” Semangat diadakannya lomba ini salah satunya adalah usaha untuk nguri-nguri Bahasa Using yang kedudukannya semakin terdesak. Pelajaran bahasa Using sebagai muatan lokal di sekolah dasar, perlu diberi penguatan dan pengayaan.

 

Diharapkan dengan adanya Lomba ini, siswa-siswi sekolah semakin terpacu untuk menulis Bahasa Using dengan ejaan yang benar, ejaan yang mereka pelajari di sekolah. Apalagi, selain Lomba ini, ada pula Lomba Mengarang Cerita Pendek Bahasa Using yang juga diselenggarakan oleh SKB.

 

Setiap minggu tiga orang peserta berlomba, dan pemenangnya diadu dengan dua orang pemenang mingguan lainnya pada minggu keempat. Pemenang bulanan ini akan diadu dengan dua orang pemenang bulanan lainnya, pada babak Grand Final yang direncanakan akan diadakan tanggal 14 Mei 2017.

 

Pemenang 1, 2, 3 masing-masing mendapat hadiah Sertifikat, Plakat dan Uang sebesar masing-masing Rp. 750.000, Rp. 500.000, dan Rp. 250.000.

 

Teknis perlombaan, setiap peserta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh juri yang sekaligus bertindak sebagai penyiar, menuliskannya kemudian mengejanya. Pemenang ditentukan oleh salah benarnya dan akumulasi waktu tercepat apabila pemenang mendapat nilai yang sama.

   Apabila terdapat sengketa, rujukan Lomba ini adalah Kamus Bahasa Daerah Using-Indonesia yang ditulis oleh (alm) Hasan Al.

 

Persyaratan, setiap peserta mendaftar dengan membawa surat pengantar dari sekolah dan fotocopy akta kelahiran. Setiap sekolah diwakili oleh satu peserta.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar